Pesawat Hercules Terbangkan 2000 Orang Selama BVAS

Home / Berita / Pesawat Hercules Terbangkan 2000 Orang Selama BVAS
Pesawat Hercules Terbangkan 2000 Orang Selama BVAS Pesawat Hercules c-130 yang di pamerkan TNI AU Lanud Abd. Saleh dalam rangka HUT TNI AU ke 72. Sabtu, 21/4/2018. (FOTO: Tria Adha/TIMES Indonesia)

TIMESJAYAPURA, MALANG – Dua hari berturut-turut, yakni Jumat (20/4/2018) dan Sabtu (21/4/2018) Lanud Abdulrahman Saleh Malang telah mengajak terbang 2000-an orang dalam joy flight bersama pesawat C130 Hercules selama gelaran Bromo Valley Air Show (BVAS).

Pada hari pertama BVAS, pesawat pengangkut C130 Hercules melakukan 9 kali shorthy dan pada hari kedua 11 kali shorty. Sekali shorthy pesawat ini mengangkut rata-rata 110 orang diajak keliling di udara Malang Raya. Sebagian besar peserta joyflight adalah para pelajar se Malang Raya.

Sebenarnya BVAS itu digelar selama tiga hari yakni Jumat sampai Minggu. Namun agenda joy flight hanya dilakukan Jumat dan Sabtu lantaran hari Minggu cuaca tidak mendukung. Sekitar pukul 13.30 BVAS itu ditutup oleh Danlanud.

Danlanud Abdulrahman Saleh Malang, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Andi Wijaya, S. Sos mengatakan terbang gratis bersama pesawat C130 Hercules itu adalah bagian dari jawaban pangkalan TNI AU Abdulrahman Saleh yang selama ini disebut-sebut sebagai pangkalan militer yang tertutup untuk masyarakat.

"Sejatinya kami tidak seperti itu. Karena itu melalui Bromo Valley Air Show (BVAS) ini kami sengaja membuka diri, dengan harapan masyarakat bisa berinteraksi secara intensif dengan pangkalan militer ini dari sisi manfaat, kemajuannya bahkan proyeksi untuk membangun dunia wisata," katanya.

BVAS ini sebenarnya bagian dari bulan dirgantara dalam rangka HUT ke 72 TNI Angkatan Udara. Tahun ini Lanud Abd Saleh Malang menggelar 57 agenda yang ditampilkan dalam BVAS selama tiga hari itu.

Bahkan Danlanud menegaskan BVAS ini salah satu event yang dicanangkan sebagai open base untuk mengenalkan Pangkalan Lanud Abd Saleh kepada masyarakat.

Maka selama tiga hari itu, pangkalan TNI AU Abd Saleh yang selama ini tak tersentuh masyarakat sipil, selama tiga hari itu penuh sesak dijejali masyarakat.

Bukan hanya joy flight saja yang mewarnai BVAS ini, tetapi juga sejumlah atraksi terjun bebas, terjun statis, pesona pertunjukan empat pesawat Super Tucano ketika melakukan manuver penyerangan dan sebagainya. Super Tucano adalah pesawat latih namun juga bisa menjadi tempur taktis dan counter insurgency serta remote air control, dan juga bisa digunakan sebagai pesawat intai. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com